Dec 18, 2013

Restorasi #Mala

Mala, vespa mini warna putih ber-plat N yang gue dapet dari mas Tris akhirnya sampe ke Cilegon juga.


Langsung deh test drive, ngecek fungsi mesin dan lajunya. Ngaspal beberapa lama, sempet gue pake kerja n ngampus bahkan sampe dipake buat piknik :p

piknik


ngetes aspal
speedo butut

parkiran kerja :p















Nah! ga sekitaran satu-dua bulan ngider pake mala akhirnya mala kelelahan dan mogok. Gue yang masi blon ngerti mesin harus susah payah nyelah-nyelah sampe kaki pegeeelnya  minta ampun.


mala mogok
Putus asa karena mesin ga bisa nyala, gue telpon pasukan yang biasa nderek vespa-vespa gue. Akhirnya itu vespa diderek sampe rumah dengan selamat

terpaksa nunggu buat di dorong

Nongkrong di parkiran terus bikin hati gue terenyuh, ga tega. Apalagi pas musim ujan, walopun ketutup ama atap tapi kadang masi aja kecipratan aer sampe-sampe nongol karat dikit-dikit :(
nongkrong di depan green garage
 
Gue kumpulin duit dan niat yang bulet buat restorasi. Iya, restorasi mala kedalam performa dan penampilan mulanya.Akhirnya pada Agustus 2013, niat bulat, tekad membara dan keuangan yang pas-pasan, restorasi mala memulai tahap awalnya.

Bismillah

Langkah pertama restorasi ini adalah membawa mala ke bengkel yang tepat, dan pilihan jatuhlah pada bengkel tempat nongkrong anak-anak ISC. Bengkel Janwar. Mala yang mesinnya ga mau nyala, akhirnya di derek pake Tiger, gile Tiger cyiiin!

mala menuju restorasi
Sesampainya di bengkel, om tri yang ada disitu langsung nguprek karbu, ternyata eh ternyata valve udara dari karbu nutup rapet, pantes aja mesin mala ga mau idup. Abis di utak-atik sama dia, eeeh si mala ini langsung ngaciiiirrr. Malu rasanya klo inget kejadian itu, gue jauh-jauh dari tegal wangi nyetep eh ternyata mesinnya sehat-sehat aja

Next, urusan restorasi ini gue serahin sama si Empunya - Janwar.

Cet lama yang nempel di body vespa harus di klotok, ilangin dengan cara di bakar, diamplas dan lain-lain. Kemudian untuk ngerapihin lubang-lubang atau celah-celahnya barulah pendempulan dilakukan.
dempuuul
Mesin pun ga luput dari pembersihan, di gosok, disikat sampeee aluuus dah haha








Setelah pendempulan dan pengamplasan kelar, baru deh masuk tahap epoxy klo ga salah trus juga di kasi cet dasar dulu berulang-ulang, cat, jemur, kering, alusin, cet lagi, jemur, kering, alusin sampe dirasa cukup.

Cat dasar
crew Bengkel Janwar - Indra n Janwar
cat bagian bawah, jemuuur, balik, njungkel :p
after penjemuran, disimpen buat lanjut besoknya
Setelah cet dirasa cukup mengkilat, barulah asessoris dan mesin dipasang satu persatu sampe keliatan bentuk vespa aslinya hehe
pasang mesin


list botol

lampu-lampu

stiker

masang stiker


pantat tanpa lampu


Nah! Setelah semua udah kepasang, baru deh finishing. Semuanya di rapihin sampe bener-bener kinclooong cling cling :D

Finally, PT100S gue kelar juga setelah sekian lama tak terawat hehe
 
Mala in Action

Me and Mala


Mala


No comments: