Dec 9, 2012

Mahameru: puncak pertama gue dan mimpi panjang seorang sahabat 1

part 1 pertemuan pertama

keinginan gue buat naek gunung kian membuncah ketika seorang pendaki hadir di kelas gue.
'Aditya Gustaman' namanya. awal-awal ngeliatnya serem, badan legam rambut gondrong kaya preman pasar tanah abang.. hehe cumen pas mulai akrab ternyata dia adalah orang konyol yang kesepian

di kelas dia tergolong masuk kategori abege tua, gue juga sih. kenapa? karena kami masuk kedalem kelas yang isinya anak-anak baru lulusan sekolah, rata-rata umur 18an sementara saat itu umur gue udah hampir 22 dan si Adit malah lebih tua lagi (23). Ada juga sih beberapa anak yg masuk kategori ini, cumen ternyata itu semua adalah juniornya si adit pas masa smakbo. yaps si adit itu lulusan smakbo angkatan 48, gue klo masuk smakbo juga jadi angkatan 49, nah temen-temen gue yg d kelas ada smakbo angkatan 50. elu bisa bayanginkan seniornya adit kaya gimana.. hahaha

Kami mulai akrab karena hidup dilingkungan yang hampir sama: kelas perkuliahan dan pabrik tempat cari nafkah (walopun beda tempat). Mungkin rasa senasib sepenanggunganlah yang bikin kami cepet akrab.

hobby dia itu naek gunung, galau dikit naek gunung, jenuh dikit naek gunung. banyak gunung di pulo jawa udah dijelajahin ama dia

mungkin itu alesan yang paling tepat buat kondisi badannya sekarang, hitam legam efek kepanasan, pertumbuhan melambat efek gendong keril terlalu dini, muka serada senior efek pekerjaan :p

part 2 ajakan naik gunung

Suatu ketika, berawal dr obrolan yang entahlah, dia ngajakin naek gunung. Gunung Guntur apa yak klo ga salah, pesen dia sih cumen 'siapin equipment ama fisik' dan gue yg blon pernah naek pun bingung

Perbincangan itu pun diakhiri dengan kebuntuan, pendakian guntur entah kapan terjadi. perbedaan shift kerja n jadwal kuliah yg padet jadi penghalang waktu itu. tapi besok-besoknya, obrolan tentang pendakian dan ajakan pun terus terjadi walopun gatau kapan bisa terealiasi.

Keinginan gue buat naek semakin besar

Sampai akhirnya, di taun 2011 ada ajakan dr dia buat ke semeru yg notabene adalah gunung tertinggi se-jawa dan konyolnya gue gatau itu :(

keinginan gue buat naek yang semakin besarlah yang meng-iya-kan ajakan itu padahal gue masih bener-bener nol sama sekali buat urusan ini

Mulai dari ajakan itu, dia mulai serius buat ngumpulin team, cari data, cari cara buat pulang-pergi kesana n cari equipment buat gue. gue akuin, dia emang pencari data terbaik yang gue tau

yap's, ga lama team pun terkumpul. semula ada beberapa nama yg dia sebut, gue ga kenal karena ternyata nama-nama yg disebut tadi adalah temen pendakinya pas disekolah. team done!

nentuin tanggal karena buat beli tiket berangkatnya. ga lama done juga! gue cumen tau itu udah beres n tanggal udah ada, jadi gue bisa ajuin cuti.. hehe

part 3 persiapan team dan equipment

ternyata eh ternyata, satu persatu anggota team berhalangan hingga tersisa cumen adit, seorang gadis kaka kelas adit yg belakangan gue tau namanya irgi (red: irda gila) dan gue

"okelah kita tetep berangkat!" kata adit menggebu

gue "hayu ajah gue mah (masih blon ngerti apa-apa)"

equip pun di prepare, adit n irgi udah pada lengkap terus gue? ga punya apa-apa. maka minjemlah gue k temen-temennya si adit.. hehe

Sepatu minjem ke radi
keril, sleeping bag minjem ke oray dan equip lainnya sampe akhirnya kekumpul n siap :)

"nah! tapi... ada kendala 1 equip yg blon ada yaitu tenda. ada sih sebenernya tenda, tapi buat 2 orang dan itu ga cukup buat kita bertiga walopun sebenernya klo dipaksa bisa juga sih, tapi ini semeru coy! elu mau tidur sempit-sempitan.." kata adit

"Gue pernah naek berdelapan, bawa tenda 1 dan kejebak badai. dalem tenda 1 yg kapasitas 4 orang, dipake buat 8 orang, dalam badai! gue cumen duduk karena ga bs tidur, sempit-sempitan dan nunggu badai reda.." lanjutnya

"jadi gimana?" tanya dia

"beli tenda ajah apa yak? brapaan sih? *polos*" tanya gue

adit "mahal goblok, boke gue"

gue "emang brapaan?" *masihpolos*

adit "gope ke atas palingan, nti gue cari dulu yang bagusan"

gue "okeoke"

keinginan gue buat naek pertama kali-lah yang bikin seolah-olah budget gue unlimited padahal mah aslinya gembel :'(

selang beberapa hari, after searching referensi tenda dapetlah tenda 'lafuma summertime' kapasitas 4 orang bule, harganya ya lumayanlah '600rebuan' waktu itu

gue dengan entengnya "nih buat beli tenda *nyetorin uang*"

adit "buseeet.. banyak duit... hahaha"

gue "banyak duit apaan, gembel gembel dah.. haha"

tendapun dibeli dengan cara nitip k temennya ato adenya si adit *lupa* dan di drop di bogor (rumahnya adit)
tiket udah dibeli buat 3 orang sama kaka irgi, naek matramaja ekonomi cumen 51 rebu dr stasiun senen sampe stasiun malang

untuk sementara kami udah tenang, semuanya udah siap :)

No comments: